Unsur-Unsur Bola Beserta Rumus dan Pembahasannya

Unsur-Unsur Bola

Unsur-Unsur Bola Beserta Rumusnya - Setelah sebelumnya mempelajari beberapa bangun ruang sisi lengkung seperti unsur-unsur tabung dan unsur-unsur kerucut, pada kesempatan kali ini mari kita coba bahas mengenai unsur-unsur pada bangun ruang bola lengkap dengan rumusnya.

Kita semua pasti sudah tahu dan sering menjumpai benda yang dinamakan dengan bola. Benda bulat ini sering kita lihat pada permainan sepak bola dan bola voli. Selain itu, ada juga benda-benda lainnya yang berbentuk bola seperti bakso, buah melon, buah semangka, kelereng dan lain sebagainya.

Seperti namanya, bola juga termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung yang disebut dengan bangun ruang bola. Lalu, apa itu bangun ruang bola? Apa saja unsur-unsur pembentuk bola? Bagaimana rumus luas permukaan dan volume bola? Agar bisa memahami itu semua, silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bola?

Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh bidang sisi berbentuk lengkung dan mempunyai titik pusat di dalamnya. Tidak seperti bangun ruang lainnya, bola tidak mempunyai rusuk dan titik sudut.

Jika diperhatikan lebih lanjut, bangun ruang bola dapat dibentuk dari bangun setengah lingkaran yang diputar sejauh 360 derajat pada diameternya. Coba lihatlah pada contoh gambar bola di bawah ini.

Unsur-unsur bola

Contoh gambar di atas merupakan bangun setengah lingkaran dengan diameter AB. Kemudian diputar satu putaran penuh pada garis tengahnya (diameter AB) sebagai sumbu putarnya. Sehingga akan membentuk bangun ruang bola.

Ciri dan Sifat Bola

Sama seperti bangun ruang lainnya, bola juga memiliki karakteristik yang menjadi unsur bagian pembentuk bangun ruang bola. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai 1 sisi, yaitu sisi berbentuk lengkung.
  • Mempunyai 1 titik pusat yang terletak di dalamnya.
  • Tidak mempunyai titik sudut.
  • Jarak titik permukaan dengan pusat bola disebut jari-jari bola.
  • Mempunyai jari-jari yang tak terhingga.
  • Semua titik permukaan bola terhadap pusat bola memiliki jarak sama.
  • Bola adalah bangun ruang dengan simetri sempurna.

Unsur-Unsur Bola

Sama halnya dengan jenis bangun ruang sisi lengkung lainnya seperti kerucut dan tabung, bola juga mempunyai unsur-unsur pembentuknya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai unsur-unsur pembentuk pada bangun bola. Agar lebih mudah dalam memahaminya, coba perhatikan contoh gambar bola di atas. Dari gambar tersebut, unsur-unsur bola dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Titik Pusat Bola

Bangun ruang bola hanya memiliki 1 titik pusat saja. Coba perhatikan gambar bola di atas, titik O merupakan titik pusat bola. Titik pusat mempunyai jarak sama terhadap seluruh titik selimut bola mana saja.

2. Jari-jari Bola

Jari-jari pada bangun ruang bola merupakan jarak dari titik pusat bola ke titik pada sisi lengkung bola. Perhatikan titik O ke A dan titik O ke B. Ruas garis OA dan OB pada gambar di atas dinamakan dengan jari-jari bangun ruang bola (r).

3. Diameter Bola

Diameter bola merupakan ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi bola yang melewati titik pusat bola. Pada gambar bola di atas, ruas garis AB disebut dengan diameter bola (d). Unsur bola yang disebut sebagai diameter juga dapat dikatakan sebagai tinggi bola yang panjangnya dua kali jari-jari bola.

4. Sisi Bola

Sisi bola merupakan kumpulan titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat bola. Sisi bola berbentuk lengkungan yang sering dinamakan dengan selimut bola atau kulit bola atau sisi permukaan bola.

Rumus Bangun Ruang Bola

Sebagai bangun ruang tiga dimensi tentunya bola dapat dihitung luas permukaan dan volumenya. Lalu, bagaimana cara menghitung luas permukaan dan volume bola?

a. Luas Permukaan Bola

Umumnya, untuk menentukan luas permukaan pada bangun ruang tiga dimensi yaitu dengan membuat jaring-jaring bangun, kemudian menghitung masing-masing luas pada penyusun jaring-jaring bangun ruang tersebut.

Namun, langkah tersebut tidak dapat diterapkan pada bola, hal ini karena kita tidak dapat membuat jaring-jaring dari sebuah bola. Adapun rumus untuk menghitung luas permukaan bola yaitu sebagai berikut.

Luas Bola = 4 × π × r²

b. Volume Bola

Sementara itu, untuk menghitung volume sebuah bola juga berbeda dengan bangun ruang lainnya yang umumnya adalah dengan luas alas dikali tinggi. Berikut rumus untuk menghitung volume bola.

Volume Bola = 4/3 × π × r³

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai unsur-unsur bola beserta gambarnya. Semoga penjelasan di atas mudah untuk dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post