Rumus Persegi Panjang, Luas dan Keliling Beserta Contoh Soalnya

Rumus Persegi Panjang dan Contoh Soalnya - Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang rumus sebuah bangun datar yang disebut dengan persegi panjang. Rumus persegi panjang yang akan kita pelajari meliputi rumus mencari panjang dan lebar, serta rumus menghitung luas dan keliling persegi panjang.

persegi panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang dibentuk oleh 4 sisi, yakni terdiri dari dua sisi sama panjang dan dua sisi sama lebar. Dengan mengetahui ukuran panjang dan lebarnya, kita bisa menghitung luas dan keliling persegi panjang.

Bangun persegi panjang mempunyai 4 titik sudut yang sama besar yaitu sudut siku-siku. Bangun ini juga mempunyai 2 gari diagonal yang berukuran sama panjang. Agar lebih jelas dalam memahami bangun datar persegi panjang, silahkan simak ciri-ciri persegi panjang berikut ini.

Setiap bangun datar tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda. Dengan mengetahui ciri-ciri dan sifatnya, maka kita dapat membedakan antara persegi panjang dan persegi. Berikut merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh bangun persegi panjang.

  • Mempunyai 2 pasang sisi sama panjang dan sejajar
  • Mempunyai 4 sudut sama besar dan merupakan sudut siku-siku
  • Mempunyai dua diagonal sama panjang
  • Garis diagonalnya membagi dua sama panjang diagonal lainnya
  • Garis diagonalnya saling berpotongan, tetapi tegak lurus
  • Mempunyai 2 sumbu simetri
  • Mempunyai 2 simetri lipat
  • Mempunyai 2 simetri putar

Selanjutnya akan dijelaskan rumus-rumus persegi panjang lengkap dengan contoh soalnya.

A. Rumus Luas Persegi Panjang

Agar bisa menghitung luas persegi panjang, terlebih dahulu kita harus mengetahui ukuran panjang dan lebarnya. Berikut merupakan rumus untuk menghitung luas persegi panjang.

Luas (L) = panjang (p) x lebar (l)

Contoh Soal: Cara Menghitung Luas Persegi Panjang
Diketahui sebuah persegi panjang memiliki ukuran panjang 8 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah berapa luas persegi panjang tersebut!

Jawaban:
L = p x l = 8 x 5 = 40 cm².

B. Rumus Keliling Persegi Panjang

Agar bisa menghitung keliling persegi panjang, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui ukuran panjang dan lebarnya. Berikut merupakan rumus untuk mencari keliling persegi panjang.

Keliling (K) = 2 x (p + l)

Contoh Soal: Cara Menghitung Keliling Persegi Panjang
Sebuah persegi panjang memiliki ukuran panjang 10 cm dan lebar 8 cm, maka hitunglah berapa keliling persegi panjang tersebut!

Jawaban:
K = 2 x (p + l) = 2 x (10 + 8) = 2 x 18 = 36 cm.

C. Rumus Mencari Panjang dan Lebar Persegi Panjang

Selain rumus untuk mencari luas dan keliling persegi panjang, kita juga bisa mencari ukuran panjang dan lebar jika diketahui luas atau kelilingnya serta salah satu ukuran sisinya dengan menggunakan rumus berikut ini.

panjang (p) = L : l
lebar (l) = L : p
panjang (p) = (K : 2) – l
lebar (l) = (K : 2) – p

Contoh Soal: Cara Mencari Panjang Persegi Panjang Jika Diketahui Luasnya
Diketahui terdapat sebuah bangun datar yang memiliki luas 400 cm². Jika panjang sisi persegi panjang tersebut 40 cm, hitunglah berapa lebar persegi panjang tersebut!

Jawaban:
lebar (l) = L : p = 400 : 40 = 10 cm.

Contoh Soal: Cara Mencari Panjang Persegi Panjang Jika Diketahui Kelilingnya
Diketahui sebuah bangun persegi panjang memiliki keliling 56 cm. Jika lebar persegi panjang tersebut 12 cm, hitunglah berapa ukuran panjang persegi panjang tersebut!

Jawaban:
panjang (p) = (K : 2) - 12 = (56 : 2) - 12 = 28 - 12 = 16 cm.

D. Rumus Panjang Diagonal Persegi Panjang

Selain rumus-rumus bangun persegi panjang di atas, kita juga dapat menghitung panjang garis diagonal pada sebuah persegi panjang dengan menggunakan rumus berikut ini.

d = √p² + l²

Contoh Soal: Cara Menghitung panjang Diagonal Persegi Panjang

Diketahui terdapat bangun datar persegi panjang yang memiliki ukuran panjang 12 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah berapa panjang garis diagonal persegi panjang tersebut.

Jawaban :
diagonal (d) = √p² + l² = √12² + 5² = √144 + 25 = √169 = 13 cm.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai rumus-rumus persegi panjang beserta contoh soal dan cara menghitungnya. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post