Rumus Jajar Genjang: Luas, Keliling dan Contoh Soal + Pembahasan

Rumus Jajar Genjang Beserta Contoh Soal - Jajar genjang adalah bangun datar segi empat yang mempunyai 4 sisi dan 4 sudut. Bangun datar ini mempunyai 2 pasang sisi sejajar. Sudut-sudut jajar genjang yang berlawanan sama besar. Jika besar kedua sudut yang berdekatan dijumlahkan, maka hasilnya adalah 180 derajat.

Jajar Genjang

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai rumus jajar genjang dalam menghitung keliling, luas dan tinggi pada bangun jajar genjang. Rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang dengan trapesium tentu saja berbeda. Meskipun kedua bangun tersebut adalah bangun datar segi empat, namun memiliki rumus yang berbeda.

Nah, untuk memudahkan dalam memahami bagaimana cara menghitung luas dan keliling jajar genjang, silahkan simak pembahasannya di bawah ini tentang rumus jajar genjang yang dilengkap dengan contoh soalnya.

Rumus jajar genjang yang akan dibahas kali ini merupakan rumus luas dan keliling. Namun, kita juga dapat mengembangkannya untuk menyelesaikan variasi soal dalam mencari alas dan tinggi jajar genjang.

A. Rumus Luas Jajar Genjang

L = a x t

Keterangan:
L = luas jajar genjang
a = sisi alas jajar genjang
t = tinggi jajar genjang

Contoh Soal

Diketahui sebuah bangun jajar genjang memiliki panjang alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Hitunglah berapa luas bangun jajar genjang tersebut!

Jawaban:
L = a x t
L = 12 x 8
L = 96 cm²

B. Rumus Keliling Jajar Genjang

K = 2 x (a + b)

Keterangan:
K = keliling jajar genjang
a, b = sisi jajar genjang

Contoh Soal

Sebuah jajar genjang memiliki panjang sisi 20 cm dan panjang sisi miringnya adalah 15 cm. Hitunglah berapa keliling bangun jajar genjang tersebut!

Jawaban:
K = 2 x (a + b)
K = 2 x (20 + 15)
K = 2 x 35
K = 70 cm

C. Rumus Tinggi Jajar Genjang

t = L : a

Keterangan:
t = tinggi jajar genjang
L = luas jajar genjang
a = alas jajar genjang

Contoh Soal

Diketahui sebuah bangun jajar genjang memiliki luas 70 cm². Panjang sisi sejajar alasnya adalah 14 cm. Hitunglah tinggi jajar genjang tersebut!

Jawaban:
t = L : a
t = 70 : 14
t = 5 cm

D. Rumus Alas Jajar Genjang

Untuk menghitung panjang sisi alas jajar genjang, terdapat dua cara yang dapat kalian gunakan, yaitu:

a = L : t
a = (K : 2) – b

Contoh soal

1. Ada sebuah bangun datar jajar genjang dengan luas 90 cm². Jika diketahui tinggi jajar genjang adalah 6 cm, maka hitunglah berapa panjang sisi sejajarnya!

Jawaban:
a = L : t
a = 90 : 6
a = 15 cm

2. Diketahui sebuah jajar genjang dengan keliling 60 cm dan salah satu panjang sisi sejajarnya adalah 20 cm, hitunglah berapa panjang sisi sejajar yang lain pada bangun jajr genjang tersebut!

Jawaban:
a = (K : 2) - b
a = (60 : 2) - 20
a = 30 - 20
a = 10 cm

E. Rumus Mencari Sisi Miring Jajar Genjang

b = (K : 2) – a
a = (K : 2) – b

Contoh Soal

Diketahui sebuah jajar genjang memiliki keliling 70 cm. Jika diketahui panjang sisi sejajarnya 22 cm, hitunglah berapa panjang sisi miringnya!

Jawaban:
b = (K : 2) - a
b = (70 : 2) - 22
b = 35 - 22
b = 13 cm

Demikianlah penjelasan mengenai rumus jajar genjang lengkap dengan beberapa latihan soalnya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post