Pengertian Touchpad, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Touchpad, Fungsi dan Cara Kerja Touchpad - Touchpad merupakan pengganti dari Mouse yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer pada umumnya, biasanya perangkat keras ini di temukan di laptop atau notebook. Namun jangan salah, komputer desktop juga bisa menggunakan Touchpad.

Pengertian Touchpad dan Fungsinya

Pengertian Touchpad

Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Touchpad memberikan bantuan khusus bagi pengguna untuk mengerjakan pekerjaan yang selalu mengandalkan mouse secara berlebihan. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah membuat nyaman pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempat yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer atau laptop dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula.

Fungsi Touchpad

Berbicara tentang fungsi touchpad tidak terlepas dari sejarah kemunculan ide komputer portable yang dicetuskan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada tahun 1970. Sejak saat itu, ide ini terus di kembangkan sehingga kemudian di temukan ide untuk menambahkan piranti pengganti mouse ke dalam komputer portable.

Berikut beberapa fungsi dari touchpad, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memunculkan desktop
  • Sebagai pengganti mouse pada komputer biasa.
  • Membantu memperkecil dan memperbesar layar pada monitor laptop.
  • Sebagai penggerak kursor dengan menggunakan jari-jari pengguna komputer.
  • Dapat mengendalikan pointer yang tampil pada layar monitor komputer atau PC.
  • Dapat menjamin keberlangsungan dalam penggunaan komputer portable atau laptop.
  • Membantu pengguna untuk melihat seluruh jendela aplikasi yang sedang terbuka dan berjalan
  • Sebagai perangkat pendukung komputer portabel atau laptop yang dapat dibawa kemana-mana.
  • Mempermudah untuk melakukan perpindahan antar jendela pada beberapa aplikasi yang terbuka.
  • Mengaktifkan action center yang dapat membantu pengguna untuk melihat notifikasi yang masuk pada laptop.

Jenis Touchpad

Berikut adalah beberapa jenis dari touchpad yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Standard Touchpad

Jenis standard touchpad ini yang paling umum dan sering dijumpai di perangkat laptop. Umumnya jenis ini memiliki ukuran yang tidak lebih dari 40 cm² dan terletak menjadi bagian dari laptop itu sendiri.

Secara fungsi, jenis ini memiliki kesamaan dengan sebuah mouse yaitu dapat menjalankan perintah dan menggerakkan kursor pada layar monitor, namun yang menjadi pembeda adalah bentuknya yang datar yang terletak pada laptop dan sebagian jenis ini memiliki dua tombol.

2. Multi Touchpad

Multi touchpad merupakan jenis touchpad yang memiliki kesamaan pada touchpad pada umumnya, namun memiliki keunggulan tersendiri yakni pada sensor capacitance dapat membuat penggunakan laptop jadi lebih efisien dan efektif dalam melakukan setiap pekerjaan. Jenis ini memiliki beberapa fungsi diantaranya dapat diberikan berbagai perintah seperti memperbesar tampilan, menggeser layar secara horizontal maupun vertikal dan lain-lain.

3. Trackball Touchpad

Trackball touchpad memiliki fungsi yang sama dengan mouse, namun pada trackball dapat dilakukan dengan cara menggulirkan bola trackball dengan jari sebagai pengganti kursor pada touchpad. Jenis ini terdapat dua tombol yang sama seperti jenis touchpad lain yang berfungsi untuk menjalankan instruksi pada kursor oleh pengguna komputer.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Touchpad dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Cara Kerja Touchpad

Cara kerja touchpad adalah dengan mendeteksi sentuhan pada jari-jari manusia melalui sensor capacitance yang terletak pada permukaan dan memanjang membentuk sumbu vertikal dan horizontal. Touchpad tidak dapat mendeteksi sentuhan pada benda lainnya selain jari manusia, hal ini karena posisi sentuhan ditentukan melalui kombinasi cara kerja antara sensor capacitance sumbu vertikal dan horizontal.

Ada beberapa hal lain yang juga dapat mengganggu cara kerja dari touchpad meskipun tetap menggunakan jari tangan sebagai pemakaian. Hal tersebut adalah penggunaan sarung tangan dan jari-jari yang berkeringat terkadang dapat menimbulkan masalah terhadap touchpad. Dengan permasalah tersebut dapat diketahui bahwa touchpad sangat sensitif dan sangat tergantung pada pengukuran sensor capacitance.

Touchpad memiliki dua metode yang digunakan untuk mendeteksi jari yaitu dengan metode capacitance shunt dan matrix conductor.

  • Metode Capacitance Shunt - metode ini dapat mendeteksi adanya perubahan di antara pengirim dan penerima yang terletak pada sisi yang berlawanan pada bidang sentuh. Pengirim akan memproduksi medan listrik dengan osilasi 3 sampai 300 kHz. Ketika jari manusia menyentuh di antara pengirim dan penerima maka terdapat potongan garis medan yang menurunkan value capacitance.
  • Metode Matrix Conductors - Conductor memiliki jumlah yang banyak dan dapat dipasang dengan sejajar dalam dua buah lapisan yang dipisahkan oleh udara. Posisi lapisan pertama conductor tegak lurus dengan conduktor lapisan kedua. Cara kerja dari metode ini adalah dengan sinyal yang berfrekuensi tinggi yang dialirkan secara sekuensial berpasangan di antara dua dimensi matriks membentuk sebuah barisan conductors.

Terdapat beberapa instruksi yang dapat pengguna lakukan pada touchpad laptop, antara lain:

  1. Instruksi Satu Jari
  • Melakukan single click dengan sekali tap pada touchpad.
  • Melakukan multi select dengan dua kali tap pada touchpad.
  • Membuka akses dengan klik pojok bawah kanan pada touchpad.
  1. Instruksi Dua Jari
  • Menampilkan pop-up menu dengan klik dua kali pada touchpad.
  • Melakukan zoom out dan zoom in dengan menempelkan dua jari lalu gerakan jari dengan gesture melebar dan mengecil.
  • Merotasi objek pada layar monitor dengan menempelkan dua jari kemudian melakukan gesture memutar.
  1. Instruksi Tiga sampai Empat Jari
  • Menampilkan pilihan sebelah kiri dengan tap menggunakan tiga jari pada touchpad.
  • Menampilkan pemberitahuan pada bilah sebelah kanan layar monitor dengan tap empat jari pada touchpad.
  • Menampilkan seluruh jendela yang sedang dijalankan dengan tap tiga jari tanpa dilepas dan tahan sekaligus menggeser atau drag ke arah atas.
  • Berpindah jendela secara instan yang sedang dijalankan dengan menempelkan tiga jari lalu menahannya sekaligus menggerakkan ke arah kanan maupun kiri.
Next Post Previous Post