Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsinya

Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsi Konektor RJ45 - RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya.

RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Juga merupakan suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data.

Konektor RJ45

Konektor ini dapat anda temukan pada ujung kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang terhubung ke transceiver.

Konektor RJ45 memiliki fungsi untuk memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

Konektor RJ45 memiliki 8 buah pin. Pin pertama terdapat di paling kiri apabila pin RJ45 menghadap ke anda, di ikuti pin nomor 2, 3, 4 dan seterusnya.

Konektor RJ45

Cara pemasangan kabel ke konektor:

1. Untuk memasang kabel ke konektor pastikan urutan kabel sudah benar.
2. Kemudian masukkan kabel pada konektor RJ45
3. Selanjutnya jepit konektor dengan menggunakan tang crimping
4. Setelah itu test koneksi kabel menggunakan tester kabel.

Fungsi Konektor RJ45

Fungsi dari konektor RJ45 adalah memudahkan anda ketika ingin melakukan pergantian pesawat telepon maupun ingin pindah-pindah kabel maupun mencabutnya tanpa khawatir terkena sengatan listrik.

Konektor tersebut juga digunakan untuk menghubungkan konektor LAN dengan pusat jaringan. Anda bisa mendapatkan konektor RJ45 di toko-toko kabel terutama yang menjual komponen komputer. Harganya pun sangat murah bahkan isinya ada yang sampai 100 pcs.

Cara Kerja Konektor RJ45

Secara umum, cara kerja dari konektor RJ45 mengacu pada konektor yang dipakai untuk kabel ethernet jaringan standar. Ethernet merupakan jaringan komunikasi serta bagaimana cara agar komputer saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. 

Terdapat beberapa jenis kabel yang termasuk ke dalam konektor RJ45 yaitu Cat 4 yang memungkinkan terdapat 4 koneksi kabel serta Cat 6 yang memungkinkan terdapat 6 koneksi kabel.

Di dalam Cat 6, terdapat 6 kabel yang digunakan untuk transfer data. Namun dari keenam kabel internet tersebut, ternyata hanya empat kabel yang benar-benar digunakan.

Sementara itu, dua kabel sisa memang khusus digunakan jika nanti terdapat perbaikan. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang keenam kabel tersebut dapat berfungsi semuanya.

Bagaimana Cara Memasang Konektor RJ45?

Perlu kalian ketahui konektor RJ45 memiliki 8 pin. Pin pertama letaknya ada bagian paling kiri jika pin tersebut menghadap ke kalian. Kemudian diikuti oleh nomor 2, 3, 4 sampai 8. Untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum kalian memasukkan kabel ke konektor, kalian harus memastikan bahwa kabel sudah diurutkan dengan benar.
  • Jika sudah benar, maka kabel tersebut masukkan ke konektor RJ45.
  • Selanjutnya jepit konektor tersebut menggunakan tang crimping.
  • Silakan tes kabel dengan menggunakan kabel tester.

Next Post Previous Post