Pengertian Kabel Data, Jenis, Fungsi dan Tips Memilih

Pengertian Kabel Data beserta Fungsi dan Jenis-jenis Kabel Data - Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama kabel data. Anda tentu sudah sangat familiar dengan jenis kabel yang satu ini. Kabel ini merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik.

Penggunaan yang paling umum dan sering kita jumpai adalah penggunaan pada smartphone. Biasanya kabel data sering ditemukan pada ponsel terutama versi android. Kabel data juga biasa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengirim file data, menerima data, charging atau mengisi daya ponsel melalui adaptor, mengirim fax dan lainnya.

Pengertian Kabel Data

Kabel data merupakan salah satu alat yang difungsikan sebagai konektor atau alat penghubung. Fungsi utama dari kabel data adalah untuk menghubungkan dua buah perangkat keras (hardware). Sehingga kedua perangkat tersebut bisa saling terkoneksi dan melakukan koneksi melalui port COM.

Kabel ini umumnya digunakan untuk mengkoneksikan berbagai macam perangkat. Misalnya seperti menghubungkan antara ponsel dengan komputer, komputer dengan printer dan lainnya.

Kabel data memiliki fungsi yang tidak terbatas. Ketika kabel terhubung dengan perangkat lunak (software), maka alat tersebut dapat membantu menjalankan beberapa fungsi sekaligus sesuai dengan perintah yang diterimanya/

Fungsi Kabel Data

Banyak orang yang masih keliru membedakan antara kabel data dengan kabel charger. Meskipun terlihat mirip dari segi tampilan fisik, namun dari segi fungsi dan kegunaan tentu saja kinerja dari kedua kabel tersebut memiliki banyak perbedaan.]

Perbedaan antara kabel data dan kabel charger terletak pada fungsi dan kegunaan dari alat tersebut. Untuk kabel charger biasanya benda tersebut hanya didesain untuk melakukan pengisian daya. Jadi kabel hanya bisa digunakan untuk mengisi daya saja.

Sedangkan untuk kabel data tentu tidak demikian. Karena alat tersebut juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya.

Berikut beberapa fungsi dari kabel data :

  • Melakukan koneksi internet (tergantung operator & jenis HP).
  • Melakukan Backup SMS, Phone book, Calendar, Organiser, Radio, Photo, File, dll.
  • Melakukan cetak Foto dari HP untuk dicetak lewat printer.
  • Membuat SMS gateway (program SMS server, biasanya untuk Voucher Elektrik).
  • Mengisi Games, Applikasi, MP3, Movie Clip, dll.

Jenis-Jenis Kabel Data

Kabel data, salah satu alat untuk sinkronisasi handphone ke komputer atau laptop kita. Kabel data ini sangat berguna untuk transfer file baik gambar, dokumen ataupun video dari handphone ke laptop/komputer atau sebaliknya. Mungkin sudah kita semua sudah banyak yang mengenal macam-mcam kabel data untuk handphone.Untuk mengingat saja, berikut ini adalah macam-macam kabel yang berhubungan dengan perangkat komputer, dalam menunjung kegiatan berkomputer.

1. Kabel Data HP

Kabel Data HP
Kabel Data HP

Digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, Anda dapat mengirim data dari HP hasil foto ke dalam komputer dan bisa di cetak, kabel data ini bermacam-macam ada yang tipe DKU-5, CA-42, tergantung dari merk HPnya, HP yang bagus biasanya menyertakan kabel data.

2. Kabel Power

Kabel Power
Kabel Power

Adalah kabel yang digunakan untuk memberi supply tegangan pada power supply, pada Monitor. tanpa kabel ini monitor akan mati, dan power supply tidak dapat beroperasi.

3. Kabel Data USB

Kabel Printer
Kabel Printer
Micro USB
Micro USB
USB OTG
USB OTG
USB Standat
USB Standat
Mini USB
Mini USB

Kabel ini digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, atau Printer dengan komputer, Camera digital dengan komputer.

4. Kabel di belakang Casing Komputer

Kabel di belakang Casing Komputer
Kabel di belakang Casing Komputer

warna biru yaitu kabel data Monitor Warna hijau adalah kabel suara ke speaker. Hitam adalah kabel DB25 kabel printer model lama. Warna putih kabel perpanjangan USB Warna Biru laut adalah kabel Keyboard Warna Ungu adalah kabel Mouse. Warna hitam adalah kabel Power supply.

5. Kabel LAN UTP dan STP

Kabel LAN UTP dan STP
Kabel LAN UTP dan STP

Kabel UTP dan STP adalah jenis kabel untuk membangun jaringan komputer, dengan teknologi ethernet. Kabel UTP dan STP hampir sama yang membedakan jika STP terdapat shield atau jaket tambahan.

6. Kabel Data Hardisk

Kabel Data IDE
Kabel Data IDE
Kabel Data SATA
Kabel Data SATA

Kabel data hardisk digunakan untuk menghubungkan hardisk dengan perangkat motherboard. jenisnyapun bermacam-macam ada kabel data IDE, dan ada pula kabel data SATA, SCASI. kabel tergantung dari jenis hardisk yang digunakan.

6. Kabel Power Hardisk + Flopy Disk + CD ROM

Kabel Power Hardisk + Flopy Disk + CD ROM
Kabel Power Hardisk + Flopy Disk + CD ROM

Kabel ini digunakan untuk memberikan daya arus DC ke hardisk atau floppy disk atau ke CDROM atau ke DVD ROM.

Tips Memilih Kabel Data dengan Kualitas Terbaik

Kabel telah menjadi peralatan elektronik yang perannya sudah tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia. Hal ini karena berbagai barang elektronik seperti smartphone atau komputer sering membutuhkan kabel ini untuk berbagai kebutuhan.

Di pasaran, anda dapat menemukan berbagai jenis merk kabel data dengan kualitas yang bagus. Mulai dari harganya yang murah, hingga harga yang mahal pun tersedia. Sebelum membeli kabel data, hal apa saja yang harus diperhatikan?

Berikut beberapa tips untuk memilih kabel data dengan kualitas terbaik:

1. Perhatikan Material Kabel

Material atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat kabel ternyata sangat bervariasi. Oleh karena itu, harga kabel data di pasaran juga dibanderol secara berbeda-beda. Meskipun harga tidak dapat menjamin kualitas barang, namun kabel berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah, bukan?

Pada saat akan membeli kabel data, anda dapat melihat dari tampilan bagian luarnya untuk menilai apakah kabel data tersebut berkualitas atau tidak. Kabel data yang bagus saat disentuh akan terasa lebih elastis, tebal dan mudah untuk digulung. Hal itu dikarenakan material pembuat kabel menggunakan bahan yang cukup baik.

2. Ukuran Panjang Kabel

Ukuran panjang kabel juga memiliki pengaruh besar terhadap kualitas kabel data. Hal ini dikarenakan panjang kabel sangat berpengaruh terhadap kinerja dari alat tersebut. Kabel yang panjang memang dapat memudahkan dalam beberapa aspek. Namun hal ini justru akan berpengaruh pada kecepatan transfer data, serta kecepatan kabel untuk melakukan pengisi daya nantinya.

3. Tingkat Ketebalan Kabel

Selain dilihat dari ukuran panjangnya, ketebalan kabel juga cukup berpengaruh pada kualitas kabel data. Semakin tebal sebuah kabel, maka semakin cepat kinerja dari alat tersebut. Hal ini dikarenakan jika semakin tebal kabel, maka semakin besar pula material penghantarnya. Artinya kabel akan memiliki ruang serta daya tampung yang jauh lebih besar. Dengan demikian, maka kinerja dari alat tersebut juga akan jauh lebih cepat.

Next Post Previous Post