Macam-Macam Sudut Lengkap dengan Gambarnya

Macam-Macam Sudut dan Gambarnya - Sudut merupakan bentuk suatu daerah yang dihasilkan oleh dua garis dengan ara yang menyebar dari sebuah titik pangkal (vertex). Satuan untuk besaran sudut adalah derajat, dan jumlah paling besar dari suatu sudut adalah 360°. Sudut terdiri dari beberapa macam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan besar nilai sudut dan posisinya. Pada kesempatan ini akan dibahas secara lengkap mengenai macam-macam sudut dan gambarnya.

Macam-Macam Sudut

Sebagai sebuah pemahaman mengenai macam-macam bentuk sudut, kita bisa melihat sebuah bangun datar segitiga. Pada bangun segitiga, terdapat tiga sudut dan tiga titik sudut. Besar sudut pada bangun datar segitiga biasanya digunakan pada rumus trigonometri untuk menentukan panjang sisi segitiga yang masih belum diketahui.

Sudut PQRS

Suatu sudut dapat diberi nama berdasarkan simbol atau huruf yang berada di antara dua garis pembentuk sudut atau titik sudutnya. Coba perhatikan gambar segi empat PQRS di atas. Dari gambar di atas terdapat empat titik sudut, yakni P, Q, R, S. Sedangkan macam-macam jenis sudutnya ditunjukan oleh sudut a, b, c dan d.

Berdasarkan nilai besar sudut dan posisinya, sudut terdiri dari beberapa macam jenis, diantaranya adalah sudut lancip, sudut tumpul, sudut siku-siku, sudut lurus, sudut refleks, sudut penuh, sudut bersebelahan, sudut saling bertolak belakang, komplementer, sudut supplementer. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing sudut tersebut dan gambarnya.

1. Sudut Lancip

Sudut lancip adalah suatu sudut yang terbentuk oleh dua buah garis yang besarnya kurang dari 90°. Contoh dari sudut lancip bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Sudut Lancip

2. Sudut Siku-Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang dibentuk oleh dua buah garis yang posisinya tegak lurus dan memiliki besar tepat 90°. Contoh dari sudut siku-siku bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Sudut Siku-Siku

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah suatu sudut yang dibentuk oleh duah buah garis yang memiliki besar sudut lebih dari 90° dan kurang dari 18. Contoh sudut tumpul bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.

Sudut Tumpul

4. Sudut Lurus

Sudut lurus adalah suatu sudut yang dihasilkan oleh dua buah garis yang berpotongan lurus dan memiliki besar sudut tepat 18. Contoh sudut lurus dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Sudut Lurus

5. Sudut Refleks

Sudut refleks merupakan sebuah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang memiliki besar sudut lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Contoh dari sudut refleks bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.

Sudut Refleks

 6. Sudut Penuh

Sudut penuh merupakan sebuah sudut yang terbentuk dari dua garis dan besar sudutnya tepat 360°. Contoh dari sudut penuh bisa kalian lihat pada gambar di bawahi ini.

Sudut Penuh

Selain dilihat dari nilai besar sudutnya, ada juga beberapa macam sudut yang didasari oleh posisi di mana sudut tersebut berada, diantaranya adalah sebagai berikut:

7. Sudut Bersebelahan

Sudut bersebelahan adalah dua buah sudut yang letaknya bersebelahan. Sudut bersebelahan ini dibentuk oleh tiga garis yang berpusat pada satu titik vertex. Contoh dari sudut bersebelahan ini dapat kalian lihat pada gambar berikut ini.

Sudut Bersebelahan

8. Sudut Vertikal / Sudut Bertolak Belakang

Sudut vertikal merupakan dua buah sudut yang letaknya saling bertolak belakang antara satu dengan yang lainnya. Sudut vertikal atau sudut bertolak belakang dibentuk oleh dua buah garis yang saling berpotongan. Berikut adalah contoh gambar sudut vertikal atau sudut bertolak belakang.

Sudut Vertikal / Sudut Bertolak Belakang

9. Sudut Komplementer

Sudut komplementer adalah dua sudut yang letaknya bersebelahan dan jika kedua sudut tersebut dijumlahkan maka besarnya adalah 90°. Berikut dibawah ini adalah contoh gambar sudut komplementer.

Sudut Komplementer

10. Sudut Supplementer

Sudut suplementer merupakan dua buah sudut yang posisinya bersebelahan, dan jika kedua sudut tersebut dijumlahkan maka besarnya yaitu 180°. Berikut ini adalah contoh gambar sudut supplementer.

Sudut Supplementer

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam sudut lengkap dengan gambarnya berdasarkan besar nilai sudut dan posisinya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post