Macam-Macam Bilangan Dalam Matematika dan Contohnya

Macam-Macam Bilangan Dalam Matematika - Bilangan merupakan konsep dasar matematika berupa deretan angka-angka yang menempati nilai satuan, puluhan, ratusan dan seterusnya. Dalam matematika, bilangan memiliki beberapa jenis. Nah, pada kesempatan ini akan kita bahas mengenai macam-macam bilangan dalam matematika beserta contohnya.

Macam-Macam Bilangan

Bilangan dapat didefinisikan sebagai kumpulan angka yang digunakan sebagai perhitungan dan pengukuran. Diantara jenis-jenis bilangan dalam matematika yaitu bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli, bilangan prima, bilangan ganjil, bilangan genap dan lain sebagainya.

Setiap jenis bilangan memiliki simbol yang berbeda. Simbol bilangan umumnya berupa huruf kapital yang digunakan untuk mewakili nama suatu bilangan. Tujuan dari pemberian lambang atau simbol adalah untuk membedakan antara bilangan yang satu dengan yang lainnya.

Macam-Macam Bilangan Dalam Matematika

Setelah mengetahui yang dimaksud dengan bilangan, selanjutnya akan dijelaskan apa saja jenis-jenis bilangan dalam matematika. Berikut adalah macam-macam bilangan dalam matematika beserta simbol dan contohnya masing-masing.

1. Bilangan Asli

Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka satu hingga seterusnya dengan penambahan nilai satu. Lambang dari bilangan asli dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan asli:

N = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ...}

2. Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah himpunan dari 3 macam bilangan, yakni bilangan bulat negatif, bilangan nol (0) dan bilangan positif. Lambang dari bilangan bulat dituliskan dengan huruf B.

Contoh bilangan bulat:

B = {..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...}

3. Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan asli lebih dari 1 yang hanya bisa dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Simbol dari bilangan prima dituliskan dengan huruf P.

Contoh bilangan prima:

P = {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, ...}

4. Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif dan bilangan nol (0). Lambang bilangan cacah dituliskan dengan huruf C.

Contoh bilangan cacah:

C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, …}

5. Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut. Bilangan pecahan dinyatakan dalam bentuk a/b, dimana a adalah pembilang dan b adalah penyebut. a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Lambang bilangan pecahan dituliskan dengan huruf H.

Contoh bilangan pecahan:

H = { ⅓, ⅔, ⅕, ⅗, ⅛, ⅝, ⅞, …}

6. Bilangan Nol

Bilangan nol adalan bilangan nol (0) itu sendiri. Lambang bilangan nol dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan nol:

N = {0}

7. Bilangan Positif

Bilangan positif adalah jenis bilangan yang bernilai positif selain angka nol {0}. Lambang bilangan positif dituliskan dengan huruf P.

Contoh bilangan positif:

P = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, …}

8. Bilangan Negatif

Bilangan negatif adalah bilangan yang nilainya negatif (-) selain angka nol (0). Lambang bilangan negatif dituliskan dengan huruf N.

Contoh bilangan negatif:

N = {-1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, …}

9. Bilangan Genap

Bilangan genap adalah himpunan bilangan yang akan habis jika dibagi dengan angka 2. Lambang bilangan genap dituliskan dengan huruf Ge.

Contoh bilangan genap:

Ge = {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28 …}

10. Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil adalah jenis bilangan yang jika dibagi dengan angka 2, maka akan menyisakan 1. Rumus bilangan ganjil adalah 2n-1, dimana n adalah bilangan bulat. Lambang bilangan ganjil dituliskan dengan huruf Ga.

Contoh bilangan ganjil:

Ga = {1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, 19, 21, 23, 25, 27, …}

11. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat diubah menjadi pecahan biasa (a/b). Jika bilangan rasional diubah ke bentuk pecahan desimal, maka angkanya akan berhenti pada bilangan tertentu. Jika tidak berhenti, maka akan berbentuk pola pengulangan. Lambang bilangan rasional dituliskan dengan huruf R.

Contoh bilangan rasional:

R = {8, 6.25 , ¾, …}

12. Bilangan Irasional

Bilangan irrasional adalah jenis bilangan yang tidak dapat diubah ke bentuk pecahan biasa. Jika bilangan ini diubah ke bentuk pecahan desimal, maka angkanya tidak akan berhenti dan tidak membentun pola suatu pola. Lambang bilangan irrasional dituliskan dengan huruf I.

Contoh bilangan irasional:

I = {√2, π, е, …}

13. Bilangan Real

Bilangan real adalah himpunan bilangan yang terdiri dari gabungan antara bilangan rasional dan bilangan irasional. Bilangan real dapat ditulis ke dalam bentuk bilangan desimal. Lambang bilangan real dituliskan dengan huruf R.

Contoh bilangan real:

R = {0, 1, ¼, ⅔, √2, √5, …}

14. Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah himpunan bilangan asli yang nilainya lebih besar dari pada 1 dan memiliki lebih dari dua faktor pembagi. Bilangan komposit merupakan lawan bilangan prima. Lambang bilangan komposit dituliskan dengan huruf K.

Contoh bilangan komposit:

K = {4, 6, 8, 9, 10, 12, …}

15. Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner adalah bilangan satuan imajiner (i), dimana i adalah suatu lambang bilangan baru yang bersifat i2 = -1. Lambang bilangan imajiner dituliskan dengan huruf I.

Contoh bilangan imajiner:

I = {i, 4i, 5i, …}

16. Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks adalah bilangan yang memiliki anggota a+bi, dimana a,b ϵ R, i2 = -1. Dimana a adalah bagian dari bilangan riel dan b adalah bagian dari bilangan imajiner. Lambang bilangan komplek dituliskan dengan huruf K.

Contoh bilangan komplek:

K = {2-3i, 8+2, …}

17. Bilangan Kuadrat

Bilangan kuadrat adalah bilangan yang diperoleh dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak dua kali. Bilangan kuadrat dituliskan dengan pangkat dua (²).

Contoh bilangan kuadrat:

K = {2², 3²,4² ,5² ,6², …}

18. Bilangan Romawi

Bilangan romawi adalah bilangan atau sistem angka yang berasal dari zaman romawi kuno. Bilangan Romawi ini menggunakan huruf latin yang melambangkan angka numerik. Lambang bilangan Romawi dituliskan dengan huruf M.

Contoh bilangan romawi:

M = {I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, XI, X, …}

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai macam-macam bilangan dalam matematika lengkap dengan contohnya masing-masing. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post