Jenis Kabel HDMI: Pengertian, Fungsi, Keunggulan dan Karakteristik

Penjelasan Kabel HDMI Beserta Fungsi dan Jenis Kabel HDMI - HDMI (High Definition Multimedia Interface), saat ini menjadi salah satu fitur canggih yang disemat ke berbagai perangkat elektronik, yang membutuhkan kabel HDMI untuk menikmati kejernihan suara dan gambar.

Biasanya, orang awam menganggap HDMI sebagai port USB dan sering kebingungan ketika Flashdisk-nya tak bisa dihubungkan. Kadang-kadang mereka kembali membawa laptopnya ke toko tempat pembelian, alasan mereka karena kesalahan produk. Ini adalah salah satu contoh yang belum mengerti perkembangan teknologi multimedia saat ini, karena memang tak ada pemahaman dasar yang menjelaskan fungsi HDMI diperangkat Anda.

Sama seperti kebanyakan sales girl elektronik yang terkadang sering salah menunjukkan ‘yang mana port USB dan port HDMI’, padahal mereka sales yang menjadi ujung tombak penjualan produk. Tapi, kita tak membicarakan soal produk dan sales, ini hanya sekedar pengenalan port dan kabel HDMI.

Kabel HDMI Dan Fungsinya

Pengertian Kabel HDMI

Kabel HDMI adalah istilah yang berasal dari singkatan High Definition Multimedia Interface yang merupakan perkembangan temuan teknologi terbaru yang memudahkan pengguna dalam melakukan proses transfer data antar perangkat dengan cepat.

Komponen port pada HDMI didesain sebagai teknologi berstandar interface multimedia yang dapat difungsikan sebagai media transmisi. Terutama untuk kebutuhan transfer data dengan kompresi tinggi seperti video dan audio.

Teknologi HDMI sendiri pertama kali dikembangkan pada tahun 2002. Nah, setelah itu, pada tahun 2003 perangkat tersebut sudah diproduksi secara massal dan mulai dipasarkan secara luas ke tengah masyarakat.

Di era yang sudah semakin modern ini, penggunaan kabel HDMI pun semakin populer dan banyak ditemukan. Hal ini tentu tidak lepas dari keperluan pengguna yang selaras dengan spesifikasinya yang dimiliki. Salah satunya karena fungsi dari HDMI yang mampu menghasilkan tampilan yang lebih baik dan memuaskan mata.

Fungsi Kabel HDMI

Umumnya, kabel HDMI berfungsi sebagai konektor antar perangkat. Hanya dengan menggunakan kabel tunggal, anda dapat melakukan transfer data berbasis audio maupun video beresolusi tinggi pada perangkat lain. Tentu saja hal ini dapat dilakukan tanpa harus mengorbankan kualitas sinyalnya.

Dinatara fungsi kabel HDMI adalah:

1. Mendukung Komunikasi Dua Arah

Kabel HDMI berfungsi untuk mendukung proses komunikasi dua arah. Misalnya saat HDMI dipakai untuk output video DTV, maka alat ini akan memperbaiki tampilan interface pada perangkat tersebut. Sehingga anda bisa tetap menikmati tampilan interface yang mumpuni meskipun perangkat yang digunakan berbeda.

2. Mempermudah Proses Transfer

HDMI berfungsi sebagai konektor yang dapat digunakan untuk melakukan transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Jika anda menggunakan konektor analog tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mentransfer sinyal, maka hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan teknologi HDMI. Itu karena teknologi HDMI yang sudah dibekali dengan kecepatan yang tinggi, bahkan mencapai 5GB per detiknya.

3. Mengompresi Sinyal

Dengan adanya HDMI ini membuat kemampuan multimedia menjadi lebih fungsional dan canggih. Jika dbandingkan dengan versi analognya, tentu anda akan mendapatkan banyak sekali perbedaan dari teknologi HDMI ini.

Perbandingan yang sangat terlihat adalah dari segi kualitas tampilan layar. Dimana jika anda menggunakan HDMI, maka anda dapat meminimalkan cahaya. Selain itu, anda juga bisa melakukan transmisi sinyal yang berupa media audio maupun video dengan kualitas yang lebih baik.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan kabel analog yang hanya bisa menghasilkan sinyal beresolusi rendah. Sekarang ini HDMI dirancang agar dapat berfungsi untuk menghasilkan sinyal yang bagus dan gambar beresolusi tinggi.

4. Fleksibel Digunakan untuk Berbagai Perangkat

Kabel HDMI banyak sekali menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Selain menawarkan teknologi yang berkualitas tinggi, HDMI juga sangat fleksibel karena dapat digunakan untuk berbagai perangkat.

Bisa dikatakan hampir semua perangkat dapat dipasangi port HDMI. Hal ini tentu bisa asalkan jenis port pada perangkat tersebut mendukung untuk dipasang HDMI. Penggunaan HDMI juga memiliki fungsi berbeda pada masing-masing alat elektronik.

Jenis-Jenis Kabel HDMI

Jenis kabel HDMI dapat dibagi menjadi beberapa macam yang diklasifikasikan berdasarkan bandwith atau kecepatannya dalam mentransfer sinyal. Lebih jelasnya, mari langsugn saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Kabel HDMI Kategori Standar

Kabel jenis ini umumnya digunakan untuk membawa resolusi hingga 720p atau 1080i. Kabel HDMI dengan kategori standar mampu menghasilkan surround dengan definisi yang cukup tinggi, yaitu bisa mencapai hingga 742,5 Mbps untuk setiap saluran.

Kabel HDMI kategori standar ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, diantaranya dipakai untuk resolusi siaran TV satelit umum.  Selain itu, kabel jenis ini juga bisa digunakan untuk HDTV, TV kabel dan lain sebagainya.

2. Kabel HDMI Standar dengan Ethernet

Kabel HDMI standar dengan ethernet memiliki fungsi dan kapasitas yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi HDMI kategori standar. Hanya saja, tipe ini dilengkapi dengan saluran Ethernet sehingga teknologi tersebut memungkinkan anda dapat menikmati jaringan internet bersama.

3. Kabel HDMI Otomotif Standar

Kabel HDMI otomotif standar memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya, yakni HDMI kategori standar. Kabel jenis ini hanya memiliki resolusi 720p dan juga 1080i. Yang membedakan hanya pada penggunaannya saja yaitu digunakan sebagai penghubung dengan alat elektronik portabel. Misalnya seperti DVD portabel, serta perangkat lain dengan tampilan vidio in car.

4. Kabel HDMI Kecepatan Tinggi

Sesuai dengan namanya, jenis kabel HDMI kecepatan tinggi memiliki resolusi yang lebih tinggi yaitu lebih dari 1080i, serta dapat dipakai untuk kebutuhan teknologi baru seperti video 3G maupun 4k. Teknologi dari HDMI kecepatan tinggi memiliki kemampuan resolusi hingga 3,4 Gbps per saluran dengan pemerataan dan kecepatan 1,65 Gbps per saluran tanpa pemerataan.

5. Kabel HDMI Kecepatan Tinggi dengan Ethernet

Kabel HDMI kecepatan tinggi dengan ethernet didesain dengan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya. Kecepatan transfer dari HDMI jenis ini lebih tinggi bahkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kabel HDMI kecepatan tinggi dengan ethernet memungkinkan pengguna untuk bisa terkoneksi dan berbagi dengan jaringan internet.

6. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium

Kabel jenis ini didesain untuk kebutuhan transfer video dengan resolusi tinggi. Selain itu, kabel HDMI berkecepatan tinggi premium memiliki rentang warna yang lebih luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kabel HDMI ini mampu mentransfer audio maupun video dengan resolusi 4k, HDR ataupun ultraHD. Dengan teknologi yang premium, kabel ini juga memungkinkan anda untuk melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 8 GB per detik.

7. Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi

Kabel HDMI berkecepatan ultra tinggi memiliki dukungan tambahan, yaitu memungkinkan digunakan untuk kebutuhan transfer video dengan resolusi yang tinggi. Untuk kecepatannya sendiri bahkan bisa mencapai 8 k 8 k dengan HDR.

Tipe-Tipe Konektor Kabel HDMI

Kabel HDMI sendiri ternyata memiliki beragam jenis tipe konektor yang digunakan. Lebih jelasnya, langsung saja kita kupas tuntas pembahasan dari masing-masing tipe konektor HDMI.

1. Konektor Tipe A (Standar)

Jenis paling umum yang sering kita jumpai dari teknologi HDMI adalah konektor dengan tipe standar. Konektor ini sering digunakan di berbagai perangkat elektronik. Mulai dari konektor TV, konsol game, laptop, perlengkapan audiovisual dan lain sebagainya.

Bagian luar konektor plug (male) HDMI memiliki dimensi 13,9 mm x 4,45 mm. Sedangkan pada konektor stop kontak (female) adalah 14 mm x 4,55 mm. Pada konektor tipe ini terdapat 19 pin dengan bandwith yang bisa membawa semua mode, mulai dari SDTV, HDTV, UHD, EDTV hingga 4k.

2. Konektor Tipe B

Konektor tipe B didesain dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan tipe sebelumnya. Dengan desain tersebut, konektor tipe B memiliki 29 pin di dalamnya. Dimana pin tersebut memang didesain untuk teknologi dengan resolusi ultra tinggi.

3. Konektor Tipe C (Mini HDMI)

Konektor tipe C adalah perangkat yang sering digunakan untuk perlengkapan elektronik portabel. Misalnya seperti camcoder, kamera DSLR, table dan lainnya. Bentuk konektor tipe C lebih kecil dibandingkan dengan konektor tipe A, yaitu memiliki ukuran 10,42 mm x 2,42 mm, serta memiliki konfigurasi pin yang sama.

4. Konektor Tipe D (Micro HDMI)

Konektor tipe D mempunyai bentuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Sehingga penggunaannya akan sering dijumpai pada perangkat smartphone maupun perangkat-perangkat portal lainnya. Konektor tipe D memiliki ukuruan 5,83 mm x 2,20 mm, serta memiliki 19 pin standar.

Kelebihan Kabel HDMI

Dibandingkan dengan kabel versi analog, kabel HDMI ini memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari penggunaan kabel HDMI yang perlu kamu ketahui.

  • Dengan adanya teknologi HDMI, pengguna bahkan dapat melakukan komunikasi dua arah.
  • Teknologi HDMI dapat menghasilkan tampilan antarmuka dengan kualitas yang baik.
  • Untuk dapat melakukan transmisi data audio maupun video berkualitas, anda hanya membutuhkan satu kabel saja.
  • HDMI merupakan kabel tunggal. Jadi meskipun memiliki 19 pin atau lebih, namun secara otomatis sudah terbungkus menjadi satu dalam kabel tunggal.
  • HDMI bersifat digital, jadi ketika melakukan kompresi pada sinyal audio maupun video, maka akan terjadi secara otomatis. Dan tentu saja secara otomatis pula gambar yang dihasilkan nantinya akan memiliki resolusi tinggi dengan kualitas yang baik.

Tips Memilih Kabel HDMI

Kabel HDMI dirancang dengan jenis dan tipe yang cukup bervariasi. Oleh karena itu, Anda juga harus tahu jenis kabel mana yang dibutuhkan sebelum membelinya. Berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti sebelum membeli kabel HDMI.

  • Pastikan anda memilih jenis konektor yang sesuai dengan keperluan. Mengingat HDMI mempunyai banyak varian konektor yang dapat disesuaikan dengan perangkat. Oleh karena itu, anda perlu tahu mana tipe konektor yang tepat dan sesuai kebutuhan anda.
  • Penggunaan kabel HDMI mempunyai pembatasan jarak transmisi. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak membeli kabel yang terlalu panjang. Idealnya, kabel HDMI standar dengan panjang 10 meter adalah yang paling umum digunakan.
  • Banyak sekali merk HDMI yang sekarang beredar di pasaran. Anda harus bisa memilih merk kabel yang telah teruji dan terbukti memiliki kualitas yang baik.

Itulah Penjelasan Kabel HDMI Beserta Fungsi dan Jenis Kabel HDMI secara lengkap, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Next Post Previous Post