Jaring-Jaring Tabung Beserta Gambar dan Pembahasannya

Jaring-jaring Tabung

Jaring-Jaring Tabung Beserta Gambar dan Penjelasannya - Bentuk tabung mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Tetapi apakah kalian bisa mendefinisikan bentuk tabung? Tabung dapat didefinisikan sebagai bangun ruang yang dibatasi oleh unsur pembentuknya, diantaranya yaitu sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar, serta sisi lengkung yang dinamakan selimut tabung.

Bentuk tabung sendiri sebenarnya sering kita jumpai di sekitar kita, misalnya kaleng susu, botol minuman, gelas dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jaring-jaring tabung. Sebelum itu, apa itu jaring-jaring tabung? Jaring-jaring tabung merupakan sebuah kerangka tabung yang diperoleh dengan membuka sebuah sisi-sisinya dan direbahkan.

Sebelum kita membahas pola jaring-jaring bangun ruang tabung, ada baiknya kita juga mengetahui unsur-unsur pembentuk tabung. Adapun unsur-unsur pembentuknya adalah sebagai berikut.

Unsur-Unsur Tabung

Unsur-unsur Tabung

1. Sisi Alas dan Tutup Tabung

Sebelumnya telah kita jelaskan bahwa tabung dibatasi oleh dua lingkaran yang ada di sisi bawah dan sisi atas. Sehingga alas tabungnya yaitu sisi lingkaran dengan pusat T1 (pada gambar di atas), sedangkan tutup tabungnya yaitu sisi lingkaran dengan pusat T2 (pada gambar di atas)

2. Pusat Lingkaran

Pusat lingkaran merupakan salah satu unsur lingkaran. Begitu juga halnya dengan tabung. Titik T1 (pada sisi alas) dan Titik T2 (pada sisi tutup) merupakan pusat lingkaran. Pusat lingkaran merupakan titik tertentuk yang jaraknya sama terhadap jarak yang lain pada titik lingkaran tersebut.

3. Jari-Jari Lingkaran

Jari-jari lingkaran merupakan jarak pusat lingkaran ke titik pada lingkaran. Coba perhatikan titik AB pada alas tabung dan titik CD pada tutup tabung di atas. Garis T1 ke A dan T1 ke B disebut dengan jari-jari lingkaran (jari-jari bidang alas tabung) dan garis T2 ke C dan T2 ke D merupakan jari-jari lingkaran (jari-jari bidang tutup tabung).

4. Diameter

Garis AB dan CD pada gambar di atas disebut dengan diameter. Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran. Panjang diameter lingkaran yaitu 2 kali jari-jari lingkaran.

5. Tinggi Tabung

Coba perhatikan titik T1 dan titik T2. Nah, kita akan mendapati sebuah garis yang menghubungkan antara titik T1 dan titik T2, garis penghubung ini disebut dengan tinggi tabung, biasanya disimbolkan dengan huruf "t". Tinggi tabung juga bisa disebut dnegan simetri putar tabung.

6. Selimut Tabung

Selimut tabung bisa juga disebut dengan sisi lengkung tabung. Selimut tabung dapat ditentukan dengan cara mengalikan keliling alas dengan tinggi tabung. Garis-garis pada sisi lengkung tabung yang sejajar dengan sumbu tabung disebut dengan garis pelukis tabung.

Jaring-Jaring Tabung

Tabung adalah bangun tiga dimensi yang dibatasi oleh 3 bidang sisi, yaitu sisi alas, sisi atas (tutup tabung) dan sisi lengkung (selimut tabung). Sisi alas dan sisi atas tabung terbentuk oleh bangun lingkaran yang kongruen.

Sedangkan sisi lengkung tabung atau sisi tegaknya berbentuk persegi panjang. Dengan begitu, maka jaring-jaring tabung terdiri dari sisi alas, sisi atas dan sisi selimut tabung. Berikut merupakan gambar pola jaring jaring bangun ruang tabung.

Jaring-Jaring Tabung

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring bangun ruang tabung beserta gambarnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

  • Gambar Jaring-Jaring Limas Segi Lima
  • Gambar Jaring-jaring Prisma Segi Enam
  • Gambar Jaring-Jaring Bangun Ruang Lengkap
  • Benda-Benda yang Berbentuk Tabung
  • Unsur-Unsur Tabung dan Gambarnya
Next Post Previous Post