Jaring-Jaring Prisma Segitiga, Segi Empat, Segi Lima dan Segi Enam

Jaring-Jaring Prisma

Jaring-Jaring Prisma Beserta Gambarnya - Prisma merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi atas berbentuk segi-n sama besar dan sejajar, serta beberapa sisi tegak yang berbentuk segi empat. Jaring-jaring prisma adalah sebuah kerangka prisma yang diperoleh dengan membuka sebuah sisi-sisinya dan direbahkan. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai jaring-jaring prisma dan gambarnya.

Berdasarkan bentuk alasnya, prisma terdiri dari beberapa macam jenis, seperti prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan prisma segi enam. Setiap jenis prisma memiliki bentuk jaring-jaring yang berbeda, misalnya bentuk jaring-jaring pada prisma segitiga berbeda dengan prisma segi empat. Begitu juga dengan bangun prisma yang memiliki alas pentagon dan hexagon.

Sebelum kita ke pembahasannya, ada baiknya kita mengetahui unsur-unsur bangun ruang prisma. Adapun unsur-unsur bangun prisma adalah sebagai berikut:

1. Rusuk Prisma

Rusuk merupakan pertemuan antara dua sisi yang membentuk ruas garis pada bangun ruang. Jumlah rusuk prisma dapat dihitung dengan rumus = 3n buah.

2. Sisi Prisma

Sisi prisma adalah bagian yang membatasi bagian dalam prisma dengan ruangan di sekitarnya. Jumlah sisi prisma dapat dihitung dengan rumus = n + 2.

3. Titik Sudut Prisma

Titik sudut merupakan pertemuan antara rusuk yang berjumlah tiga atau lebih dan membentuk sebuah titik. Jumlah titik sudut prisma dapat dihitung dengan rumus = 2n.

4. Diagonal Sisi Prisma

Diagonal sisi merupakan diagonal yang terbentuk pada sisi-sisi bangun ruang. Jumlah diagonal sisi prisma dapat dihitung dengan rumus = n(n - 1).

5. Diagonal Ruang Prisma

Diagonal ruang adalah diagonal yang terbentuk oleh titik sudut yang saling berhadapan. Tidak semua jenis prisma memiliki diagonal ruang. Jumlah diagonal ruang prisma dapat dihitung dengan rumus = n(n - 3).

6. Bidang Diagonal Prisma

Bidang diagonal adalah bidang yang terbentuk dari diagonal sisi dan titik sudut. Tidak semua jenis prisma memiliki bidang diagonal. Jumlah bidang diagonal prisma dapat dihitung dengan rumus = 1/2 n(n - 1) jika n genap dan 1/2 n (n - 3) jika n ganjil.

Setelah memahami beberapa unsur-unsur pembentuk bangun prisma, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan intinya yaitu jaring-jaring bangun prisma. Silahkan simak ulasan mengenai jaring-jaring prisma dan gambarnya di bawah ini.

A. Jaring-Jaring Prisma Segitiga

Jika kalian ingin tahu bagaimana bentuk dari prisma segitiga, maka kalian bisa membuka sisi-sisinya. Dengan begitu kalian akan melihat sebuah bentuk jaring-jaring prisma segitiga sebagai berikut.

Jaring-Jaring Prisma Segitiga

Untuk contoh lain jaring-jaring prisma segitiga, kalian bisa melihat langsung gambarnya di bawah ini.

Jaring-jaring Prisma Segitiga

B. Jaring-Jaring Prisma Segi Empat

Untuk mengetahui pola jaring-jaring pada prisma segi empat bisa dengan membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya. Jaring-jaring prisma segi empat terdiri dari 2 segi empat kongruen dan 4 segi empat. Berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring prisma segi empat.

Jaring-Jaring Prisma Segi Empat

C. Jaring-Jaring Prisma Segi Lima

Prisma segi lima adalah prisma yang mempunyai sisi alas dan atas berbentuk segi lima, serta memiliki sisi tegak yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk mengetahui pola jaring-jaring pada prisma segi lima, yaitu dengan cara membuka bidang sisinya pada beberapa lipatan rusuknya.

Jaring-jaring prisma terdiri dari 2 segilima kongruen dan 4 segi empat. Berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring prisma segi lima.

Jaring-Jaring Prisma Segi Lima

D. Jaring-Jaring Prisma Segi Enam

Selanjutnya adalah prisma segi enam. Jenis prisma ini adalah jenis prisma yang alasnya berbentuk segi enam. Untuk mendapatkan pola jaring-jaring prisma segi enam, kita bisa membuka sisi-sisi prisma segi enam tersebut. Kalian bisa lihat contoh bentuk pola jaring-jaring prisma segi enam di bawah ini.

Jaring-Jaring Prisma Segi Enam

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, segi lima dan segi enam beserta gambar polanya masing-masing. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Terkait

  • Jaring-Jaring Tabung dan Gambarnya
  • Gambar Jaring-Jaring Limas Segi Empat
  • Macam-Macam Prisma dan Gambarnya
Next Post Previous Post