Jaring-jaring Bola Beserta Gambar dan Pembahasannya

Jaring-jaring Bola

Jaring-Jaring Bola dan Gambar Beserta Penjelasannya - Setelah sebelumnya kita telah mempelajari mengenai jaring-jaring tabung dan jaring-jaring kerucut, maka pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas mengenai jaring-jaring bagun ruang bola lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Bola merupakan bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh bidang sisi berbentuk lengkung dan memiliki sebuah titik pusat di dalamnya. Bola tidak memiliki rusuk dan titik sudut. Jaring-jaring bola adalah jaring bola dapat diperoleh dengan membuka sebuah sisi-sisinya dan direbahkan.

Agar bisa mengetahui bagaimana pola jaring-jaring pada bangun ruang bola, maka ada baiknya kita mempelajari unsur-unsur yang dimiliki bangun bola. Berikut merupakan unsur-unsur bangun ruang bola.

Unsur-Unsur Bola

Bola

a. Titik Pusat Bola

Bola memiliki satu buah titik pusat. Perhatikan gambar bola di atas, titik O adalah titik pusat bola. Titik pusat bola memiliki jarak sama tehadap seluruh titik selimut bola mana saja.

b. Jari – Jari Bola

Jari-jari pada bangun ruang bola adalah jarak dari titik pusat bola ke titik pada sisi lengkung bola. Perhatikan titik O ke A dan titik O ke B. Ruas garis OA dan OB pada gambar bola di atas dinamakan jari-jari bangun ruang bola (r).

c. Diameter Bola

Diameter bola adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi bola yang melewati titik pusat bola. Pada gambar di atas, ruas garis AB dinamakan diameter bola (d). Unsur bola yang disebut diameter juga dapat dikatakan sebagai tinggi bola yang panjangnya dua kali jari-jari bola.

d. Sisi Bola

Sisi bola adalah kumpulan titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat bola. Sisi bola berbentuk lengkungan yang sering dinamakan dengan selimut bola atau kulit bola atau sisi permukaan bola.

Setelah mempelajari unsur-unsur pada bangun bola, sekarang pastinya kita sudah ada gambaran bagaimana pola jaring jaring pada bangun ruang bola. Agar bisa lebih memahaminya silahkan simak jaring-jaring bola berikut ini.

Jaring-Jaring Bola

Bola adalah bangun yang dibatasi oleh satu bidang sisi yang memiliki titik pusat di dalamnya. Jarak titik pusat dengan seluruh sisi permukaannya (jari-jari bola) selalu sama panjang. Jaring-jaring bola merupakan irisan-irisan berbentuk seperti punggung daging pada buah jerik. Dibawah ini merupakan salah satu contoh pola jaring jaring bola.

Jaring-jaring bola

Itulah contoh gambar pola jaring-jaring bangun ruang bola. Semoga tulisan ini mudah untuk dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Terkait

  • Benda-Benda yang Berbentuk Bola
  • Unsur-Unsur Bola dan gambarnya
  • Kumpulan Jaring-Jaring Bangun Ruang
  • Jaring-Jaring Kerucut dan Gambarnya
  • Jaring-Jaring Balok dan Gambarnya
Next Post Previous Post