Jaring-Jaring Bangun Ruang Beserta Gambarnya

Jaring-Jaring Bangun Ruang Beserta Gambarnya - Bangun ruang adalah salah satu materi matematika dasar yang mempunyai cakupan pembahasan yang cukup luas. Saat mempelajari bangun ruang, kalian akan menemukan berbagai model serta rumus hitung berbeda untuk setiap bentuknya. Selain itu, berbagai tugas pun biasanya akan diberikan kepada siswa untuk membantu mendalami materi. Misalnya menggambar pola jaring-jaring bangun ruang.

Secara garis besar materi bangun dalam pelajaran matematika dapat dibagi menjadi dua. Yakni bangun datar yang bersifat dua dimensi dan hanya memiliki rusuk sebagai penghubung tiap sudutnya. Dan bangun ruang yang notabenya merupakan kumpulan sisi-sisi mendatar yang dapat digambarkan dalam bentuk jaring-jaring.

Masing-masing bangun ruang mempunyai jumlah sisi serta jaring-jaring yang berbeda satu sama lain sesuai bentuknya. Meski terlihat sederhana tapi faktanya tak semua siswa paham bagaimana cara membuat jaring-jaring bangun ruang yang benar. Padahal materi tersebut sering muncul dalam soal-soal ujian yang terkadang cukup mengecoh. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang semua jaring-jaring bangun ruang Beserta gambar dan penjelasannya.

Kumpulan Jaring-Jaring Bangun Ruang

Secara umum, jaring jaring dapat diartikan sebagai pembelahan yang terjadi pada bangun ruang tertentu sehingga ketika digabungkan dapat menjadi bangun ruang yang bersangkutan. Jika bangun ruang dibuka satu persatu sisi sisinya, maka kita akan melihat jaring-jaring yang berupa sekumpulan bangun datar.

Misalnya pada bangun balok, jika dibuka sisi-sisinya maka akan membentuk jaring-jaring yang berasal dari gabungan bangun datar persegi dan persegi panjang. Jaring-jaring yang akan saya bagikan kali ini yaitu bangun kubus, balok, bola, prisma, kerucut, limas dan tabung.

1. Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus

Pengertian kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang yang mempunyai enam bidang sisi sebagai batasnya dengan bentuk bujur sangkar. Maka dari itu bentuk jaring-jaring bangun kubus adalah sebagai berikut:

Jaring jaring Kubus

2. Jaring-Jaring Bangun Ruang Balok

Jaring-jaring yang selanjutnya adalah bangun ruang balok. Balok dapat didefinisikan sebagai bangun tiga dimensi yang mempunyai tiga pasang sisi berbentuk persegi panjang atau persegi sehingga minimal memiliki satu pasang sisi dengan ukuran berbeda. Adapun jaring-jaring bangun balok adalah sebagai berikut:

jaring jaring balok

3. Jaring-Jaring Bangun Ruang Prisma Segitiga

Prisma segitiga merupakan bangun runag prisma yang mempunyai alas dan tutup pembatasnya berbentuk segitiga serta sisi tegak yang memiliki bentuk segi empat. Berikut gambar jaring-jaring bangun prisma segitiga, diantaranya:

Jaring jaring Prisma Segitiga

4. Jaring-Jaring Bangun Ruang Prisma Segilima

Pengertian bangun ruang prisma adalah salah satu jenis prisma yang memiliki alas dan penutup berbentuk segi lima serta sisi tegak yang bentuknya segi empat. Adapun gambar jaring-jaring bangun prisma segilima, diantaranya:

Jaring-jaring Prisma Segilima

5. Jaring-Jaring Bangun Ruang Prisma Segienam

Pola jaring-jaring yang selanjutnya adalah jaring-jaring bangun ruang prisma segienam. Prisma segienam merupakan bangun tiga dimensi yang memiliki alas dan tutup yang pembatasnya berbentuk segienam serta sisi tegak memiliki bentuk segi empat. Di bawah ini merupakan gambar jaring-jaring bangun prisma segienam.

Jaring-Jaring Prisma Segienam

6. Jaring-Jaring Bangun Ruang Tabung

Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai dua buah lingkaran sebagai pembentuk alas dan atas sejajar serta dikelilingi oleh persegi panjang. Berikut merupakan gambar jaring-jaring bangun tabung.

Jaring-Jaring Tabung

7. Jaring-Jaring Bangun Ruang kerucut

Pengertian kerucut adalah bangun tiga dimensi yang mempunyai alas berbentuk lingkaran dan dikelilingi oleh selimut berupa lengkungan. Di bawah ini terdapat gambar jaring-jaring bangun kerucut.

Jaring-Jaring Kerucut

8. Jaring-Jaring Bangun Ruang Limas Segitiga

Jaring-jaring bangun ruang yang selanjutnya yaitu bangun ruang limas segitiga. Limas segitiga merupakan bangun tiga dimensi yang mempunyai alas berbentuk segitiga dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga. Di bawah ini merupakan gambar jaring-jaring bangun limas segitiga.

Jaring jaring Limas Segitiga

9. Jaring-Jaring Bangun Ruang Limas Segiempat

Limas segiempat adalah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai alas berbentuk segi empat dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga. Berikut merupakan gambar jaring-jaring bangun limas segiempat.

Jaring-Jaring Limas Segiempat

10. Jaring-Jaring Bangun Ruang Limas Segienam

Gambar jaring-jaring bangun ruang selanjutnya adalah bangun ruang limas segienam. Limas segienam adalah bangun tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segienam dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga. Berikut adalah gambar jaring-jaring bangun limas segienam.

Jaring-jaring Limas Segienam

11. Jaring-Jaring Bangun Ruang Bola

Bangun ruang bola merupakan bangun tiga dimensi yang memiliki sisi tak terhingga, namun tidak memiliki rusuk di dalamnya. Berikut merupakan contoh gambar pola jaring-jaring bangun bola.

Jaring-Jaring Bola

Sekian ulasan tentang jaring-jaring bangun ruang beserta gambarnya yang dapat saya bagikan. Jaring-jaring pada bangun ruang tersebut pada dasarnya memiliki bentuk yang berbeda-beda karena unsur-unsur pembentuknyapun tidak sama.

Artikel Terkait

  • Contoh Bangun Ruang dan Gambarnya
  • Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Ruang
Next Post Previous Post