Garis Bilangan: Cara Membuat, Contoh Gambar dan Soal

Cara Membuat dan Menggunakan Garis Bilangan - Pada tahap awal memulai pembelajaran mengenai penjumlahan dan pengurangan, biasanya seorang guru akan memulainya dengan membuat sebuah garis lurus dengan titik-titik angka yang tersusun secara berurutan. Nah, garis tersebut yang dinamakan dengan garis bilangan.

Garis Bilangan

Dalam ilmu matematika, garis bilangan merupakan salah satu representasi garis yang menggambarkan alur bilangan-bilangan secara berurutan mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Setiap titik-titik koordinat pada garis bilangan memiliki jarak yang sama yang mewakili bilangan tertentu.

Garis bilangan ini dapat membantu dalam menyelesaikan soal-soal matematika sederhana. Karena pada dasarnya penggunaan garis bilangan ini merupakan langkah awal ketika memulai pembelajaran matematika yang berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan.

Selain itu, dengan adanya garis bilangan akan memudahkan dalam menyusun atau mengurutkan suatu bilangan. Misalnya dalam mengurutkan bilangan negatif ke positif, tentu akan lebih mudah dalam membacanya jika menggunakan garis bilangan.

Namun, garis bilangan ini tidak disarankan untuk digunakan dalam menyelesaikan soal-soal yang melibatkan bilangan-bilangan besar atau bilangan pecahan, karena tentunya kalian akan kesulitan dalam menggambar garis bilangannya.

Untuk dapat menggunakan garis bilangan, langkah pertamanya adalah membuat garis bilangan sesuai keperluan. Mengapa dikatakan sesuai keperluan? Karena kita tidak perlu membuat garis bilangan yang terlalu panjang jika digunakan untuk menghitung soal-soal yang sederhana.

Cara Membuat Garis Bilangan

Sebenarnya cara membuat garis bilangan ini sangatlah mudah dan sederhana. Kita bisa memulainya dengan membuat garis lurus, kemudian memberi tanda titik-titik dengan jarak yang sama untuk menempatkan bilangan-bilangan. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Membuat Garis Lurus

Langkah pertama dalam membuat garis bilangan adalah dengan membuat garis lurus secara horizontal. Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan alat bantu penggaris agar garis yang dibuat benar-benar lurus dan mudah dibaca.

2. Membuat Titik-Titik Koordinat

Selanjutnya buatlah titik-titik koordinat yang digunakan untuk menempatkan bilangan yang akan dituliskan. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat titik-titik adalah jarak dari setiap titik dengan titik lainnya harus beraturan sama panjang.

3. Menulis Bilangan Dengan Benar

Kemudian tulislah bilangan pada setiap titik dengan benar dan secara berurutan. Perlu diperhatikan bahwa untuk menempatkan bilangan negatif terletak di sebelah kiri bilangan nol dan bilangan positif berada di sebelah kanan bilangan nol. Semakin ke kanan, maka nilai bilangan akan semakin besar, begitu juga sebaliknya semakin ke kiri maka akan semakin kecil nilai bilangan.

4. Membuat Tanda Panah di Ujung Garis

Mengapa perlu membuat tanda panah pada masing-masing ujung garis? Karena tanda panah tersebut menunjukkan bahwa garis bilangan sebenarnya memuat semua bilangan yang ada dan terus berlanjut baik ke kanan (semakin besar) maupun ke kiri (semakin kecil).

Cara Menggunakan Garis Bilangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa garis bilangan ini merupakan media bantu yang digunakan dalam pencacahan bilangan. Agar lebih mudah dalam menerapkan garis bilangan ini, berikut akan diuraikan panduan menggunakan garis bilangan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

1. Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Garis Bilangan

Untuk menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang penjumlahan pada bilangan bulat, kita dapat menggunakan bantuan garis bilangan. Untuk caranya, silahkan perhatikan contoh soal yang ada di bawah ini.

Contoh Soal:
2 + 3 = ...?

Berikut cara mengerjakannya:

Penjumlahan dengan Garis Bilangan

  • Buatlah garis bilangan.
  • Buatlah garis 1 dengan cara menarik garis dari angka nol ke arah kanan sepanjang 2 titik.
  • Buatlah garis 2 dengan cara menarik garis dari akhir garis 1 ke arah kanan sepanjang 3 titik.
  • Buatlah garis 3 dengan cara menarik garis dari angka nol hingga akhir garis 2.

Hasil penjumlahan dari 2 + 3 telah ditunjukkan oleh garis 3, yaitu 5.
Jadi, penjumlahan dari 2 + 3 = 5.

2. Pengurangan Bilangan Bulat dengan Garis Bilangan

Untuk menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang pengurangan pada bilangan bulat dapat dilakukan dengan bantuan garis bilangan. Caranya yaitu sebagai berikut.

Contoh Soal:
4 - 6 = ...?

Berikut cara mengerjakannya:

Pengurangan dengan Garis Bilangan

  • Buatlah garis bilangan.
  • Buatlah garis 1 dengan cara menarik garis dari angka nol ke arah kanan sepanjang 4 titik.
  • Buatlah garis 2 dengan cara menarik garis dari akhir garis 1 ke arah kiri sepanjang 6 titik.
  • Buatlah garis 3 dengan cara menarik garis dari angka nol hingga akhir garis 2.

Hasil pengurangan dari 4 - 6 telah ditunjukkan oleh garis 3, yaitu -2.
Jadi, pengurangan dari 4 - 6 = (-2)

Itulah cara membuat dan menggunakan garis bilangan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post