Ciri-Ciri dan Sifat Tabung Beserta Gambarnya

Ciri-ciri Tabung

Ciri-Ciri dan Sifat Tabung Beserta Gambarnya - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian bangun ruang tabung dan rumus-rumusnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri dan sifat dari bangun datar yang dilengkapi dengan gambarnya agar lebih mudah dalam memahami.

Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 3 sisi, yaitu sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran, serta sisi selimut berbentuk persegi panjang. Sifat-sifat bangun tabung secara umum yakni memiliki 3 sisi, 2 rusuk dan tidak memiliki titik sudut.

Bentuk tabung juga biasa dikenal dengan bentuk silinder. Tabung termasuk bangun ruang sisi lengkung seperti halnya kerucut dan bola. Nah, bagi kalian yang masih bingung dengan bentuk tabung, simak penjelasan di bawah ini mengenai sifat-sifat tabung dan gambarnya.

Sifat-Sifat Tabung

Tabung

Coba perhatikan gambar tabung di atas, dengan adanya gambarnya maka akan memudahkan kita dalam mempelajari pengertian tabung dengan benar. Dan berikut merupakan pembahasan mengenai sifat-sifat yang dimiliki tabung.

1. Mempunyai 3 Sisi, Yaitu Sisi Alas, Sisi Atas dan Selimut Tabung

Bisa kalian perhatikan gambar tabung di atas, bangun tersebut memiliki 3 sisi, yaitu sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran, serta sisi selimut yang berbentuk lengkungan. Jika sisi selimut pada tabung dibuka, maka akan dperoleh bangun persegi panjang.

2. Mempunyai 2 Rusuk Berbentuk Lingkaran

Rusuk tabung berbentuk tabung dan merupakan keliling lingkaran yang terdapat pada sisi alas dan sisi atasnya. Dalam perhitungan luas permukaan tabung, panjang rusuk tabung atau keliling lingkaran didefinisikan sebagai panjang dari sisi selimut tabung.

3. Tidak Mempunyai Titik Sudut

Dari contoh gambar tabung di atas, terlihat jelas bahwa bangun ini tidak memiliki titik sudut. Seperti halnya pada bangun ruang bola, diantara bangun raung yang tidak mempunyai titik sudut adalah tabung dan bola.

4. Mempunyai Jari-Jari dan Diameter

Dengan memiliki bentuk lingkaran pada sisinya, tabung memiliki jari-jari dan diameter. Jari-jari tabung adalah jarak pusat lingkaran dengan kelilingnya yang terdapat pada sisi alas dan sisi atas tabung. Sedangkan diameter merupakan jarak antara keliling lingkaran yang melewati titik pusat. Diameter tabung sama dengan dua kali panjang jari-jari tabung.

5. Mempunyai Ukuran Tinggi

Tinggi tabung adalah jarak antara sisi alas dan sisi atas tabung. Tinggi tabung digunakan dalam perhitungan volume dan luas permukaan tabugn.

6. Mempunyai Volume dan luas Permukaan

Setiap bangun ruang tiga dimensi tentunya memiliki volume dan luas permukaan. Volume tabung adalah kapasitas ruangan di dalam tabung. Volume tabung dapat dihitung dengan rumus V = π x r² x t. Sedangkan luas permukaan tabung adalah jumlah lluas selurus sisi tabung. Rumus untuk menghitung luas permukaan tabung adalah L = 2 x π x r (r + t). Dimana π= 3,14 atau 22/7, r = jari-jari tabung, dan t = tinggi tabung.

Demikian pembahasan mengenai sifat-sifat dan ciri-ciri tabung beserta gambarnya. Semoga penjelasan di atas mudah untuk dipahami dan dapat bermanfaat bagi kita  semua.

Next Post Previous Post