Ciri-Ciri dan Sifat Belah Ketupat yang Perlu Kalian Ketahui

Sifat Belah Ketupat

Ciri-Ciri Belah Ketupat - Belah ketupat merupakan bangun dua dimensi yang mempunyai empat sisi sama panjang. Dengan ciri-ciri yang seperti itu, pasti terlintas dengan ciri-ciri bangun persegi yang juga memiliki empat sisi sama panjang.

Namun, belah ketupat bukanlah persegi, hal ini karena titik sudut pada persegi berbentuk siku-siku, sedangkan titik sudut pada belah ketupat adalah sudut lancip dan sudut tumpul. Selain itu, untuk mencari luas belah ketupat yaitu dengan melakukan perkalian pada diagonalnya, sedangkan mencari luas persegi yaitu dengan melakukan perkalian sisinya.

Nah, agar dapat membedakan antara bangun datar belah ketupat dengan bangun persegi, simak pembahasan di bawah ini mengenai ciri-ciri dan sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun belah ketupat yang dilengkapi dengan gambarnya.

Ciri-Ciri Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bangun datar segi empat yang dibentuk oleh empat sisi yang sama panjang dan dua pasang sudut sama besar, yaitu sepasang sudut tumpul dan sepasang sudut lancip. Belah ketupat mempunyai dua garis diagonal yang tidak sama panjang. Kedua garis diagonal tersebut saling berpotongan tegak lurus dan membagi dua diagonal lainnya menjadi sama besar.

Ciri-ciri Belah Ketupat

Untuk bisa lebih memahami, silahkan perhatikan gambar belah ketupat di atas. Dari gambar tersebut, kita dapat menentukan ciri-ciri dari belah ketupat. Berikut ciri dan sifat belah ketupat yang perlu kalian ketahui:

  • Memiliki 4 sisi dan semua sisinya memiliki panjang yang sama yaitu AB = BC = CD = AD
  • Memiliki 4 sudut yang terdiri dari 2 sudut lancip dan 2 sudut tumpul
  • Sudut yang saling berhadapan memiliki besar yang sama yaitu ∠DAC = ∠BCD dan ∠CDA = ∠ABC
  • 2 sudut yang saling berdekatan jika dijumlahkan saling berpelurus atau jika dijumlahkan besar sudutnya 180°
  • Memiliki 2 diagonal yang saling berpotongan tegak lurus
  • Memiliki 2 sumbu simetri
  • Memiliki 2 simetri lipat
  • Memiliki 2 simetri putar

Itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dan sifat-sifat bangun belah ketupat yang bisa kalian pelajari. Semoga pembahasan di atas dapat dipahami dengan mudah dan bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post