Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Ruang Kubus Beserta Gambarnya

Sifat-sifat Kubus

Ciri-Ciri Bangun Ruang Kubus - Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk dan 6 sisi, dimana setiap rusuknya memiliki panjang yang sama dan semua sisinya berbentuk persegi atau bujur sangkar. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri bangun ruang kubus.

Bagi yang masih belum tahu bagaimana bentuk bangun ruang kubus, cobalah perhatikan dadu atau rubik. Kedua benda tersebut merupakan contoh benda dengan bentuk kubus. Sisi permukaan dadu atau rubik merupakan salah satu ciri kubus, yaitu memiliki 6 sisi berbentuk persegi.

Dengan melihat bentuk dadu atau rubik. sebenarnya kita sudah bisa menentukan apa saja yang menjadi ciri-ciri bangun ruang kubus. Namun, agar bisa lebih memahami, silahkan simak secara seksama pembahasan dibawah ini.

Ciri-Ciri Kubus

Kubus

Kubus merupakan bangun ruang sisi datar karena pada sisi tegaknya tidak berbentuk lengkungan. Setiap sisinya memiliki permukaan datar berbentuk persegi dengan ukuran sama besar. Kubus juga mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.

Dari contoh gambar kubus di atas, maka kita dapat menentukan karakteristik yang dimiliki bangun kubus. Adapun ciri-ciri bangun ruang kubus adalah sebagai berikut:

  • Memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi yaitu sisi ABCD = EFGH = BCGF = ADHE
  • Memiliki 12 rusuk yang sama panjang yaitu rusuk AB = BC = CD = AD = EF = FG = GH = EH = AE = BF = CG = DH
  • Memiliki 8 titik sudut
  • Memiliki 4 diagonal ruang
  • Memiliki 12 diagonal bidang
  • Memiliki 6 bidang diagonal
  • Semua sisi kubus berbentuk persegi
  • Semua rusuknya memiliki panjang yang sama
  • Semua diagonal ruangnya memiliki panjang yang sama
  • Semua bidang diagonal berbentuk persegi

Agar bisa lebih memahami, coba simak pembahasan berikut ini.

1. Memiliki 6 Sisi

Kubus memiliki 6 sisi berbentuk persegi yang sama luasnya. Karena semua sisinya berbentuk persegi, maka untuk menghitung luas permukaan kubus adalah 6 dikali luas persegi. Rumus luas permukaan kubus = 6 x 

2. Memiliki 12 Rusuk yang Sama Panjang

Rusuk merupakan kerangka yang membentuk kubus. Ciri-ciri adalah memiliki rusuk berjumlah 12 yang setiap rusuknya memiliki panjang yang sama.

3. Memiliki 8 Titik Sudut

Kubus memiliki titik sudut yang berjumlah 8. Titik sudut pada kubus terbentuk oleh pertemuan tiap-tiap 3 rusuk kubus.

4. Memiliki 4 Diagonal Ruang

Diagonal ruang adalah diagonal yang terbentuk dari setiap titik sudut yang saling berlawanan. Sehingga seluruh jumlah diagonal ruang yang dimiliki kubus ada 4.

5. Memiliki 12 Diagonal Bidang

Diagonal bidang adalah diagonal yang berada pada setiap sisi kubus. Setiap sisi kubus memiliki 12 diagonal bidang. Karena kubus memiliki 6 sisi, maka seluruh diagonal bidang pada kubus ada 12.

6. Memiliki 6 Bidang Diagonal

Bidang diagonal adalah seluruh bidang yang dibentuk oleh dua garis diagonal bidang dan dua rusuk kubus yang sejajar. Kubus memiliki 6 bidang diagonal yang semuanya berbentuk persegi panjang.

7. Memiliki Volume

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ciri-ciri bangun ruang adalah memiliki volume atau isi. Volume merupakan seberapa luas ruangan di dalam suatu bangun ruang yang mampu ditempati. Untuk menghitung volume kubus caranya cukup mudah, yaitu dengan perhitungan pangkat tiga dari ukuran sisinya. Rumus volume = s³.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri dan sifat bangun ruang kubus. Semoga pejelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post