Cara Mengubah Satuan Panjang dengan Tangga Konversi Satuan

Cara Mengubah Satuan Panjang dengan Tangga Konversi Satuan - Satuan panjang mempunyai beberapa unit satuan yang berbeda. Satuan panjang yang umum digunakan adalah kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter dan milimeter. Setiap satuan panjang tersebut, dapat dikonversi ke satuan panjang lainnya dengan menggunakan tangga konversi satuan.

Mengubah Satuan Panjang dengan Tangga Konversi Satuan

Konversi satuan adalah mengubah suatu satuan ke satuan lainnya. Dimana besaran panjang dapat dinyatakan dalam satuan yang berbeda-beda. Misalnya batang pulpen yang panjangnya 40 centimeter dapat dikonversi dalam satuan milimeter (mm), yaitu 400 mm. Nah, perubahan satuan dari centimeter ke milimeter itulah yang dinamakan dengan konversi satuan.

Adapun tujuan dari mengkonversi satuan diantaranya adalah untuk menyederhanakan angka, menyamakan satuan pada soal satuan panjang atau bisa juga karena mengikuti standar penggunaan satuan yang berlaku. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengkonversi satuan panjang dengan tangga konversi satuan.

Cara Mengubah Satuan Panjang dengan Tangga Konversi Satuan

Tangga Satuan merupakan grafik yang menunjukan urutan satuan secara bertingkat yang memiliki nilai berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Pada tangga konversi satuan panjang, satuan-satuan yang digunakan merupakan satuan panjang mulai dari kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm) dan milimeter (mm).

Selain sebagai konversi unit satuan, tangga satuan panjang juga memiliki manfaat untuk memudahkan pemahaman tentang hubungan antara satuan-satuan panjang yang berbeda antara satuan panjang yang satu dengan satuan panjang lainnya. Berikut merupakan gambar tangga konversi satuan panjang dan cara menggunakannya.

Tangga Konversi Satuan Panjang

Dari gambar di atas, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

  • Satuan panjang paling besar berada di posisi paling atas (kilometer). Sedangkan panjang paling kecil berada di posisi paling bawah (milimeter).
  • Untuk mengkonversi satuan ke bawah setiap turun satu tangga, maka harus dikali dengan angka 10.
  • Untuk mengkonversi satuan ke atas setiap naik satu tangga, maka harus dibagi dengan angka 10.

Sehingga, dengan memperhatikan gambar tangga satuan panjang di atas, maka kita dapat memperoleh hasil perubahan satuan panjang yang telah dikonveris ke satuan meter yaitu sebagai berikut.

1 km = 1.000 m
1 hm = 100 m
1 dam = 10 m
1 m = 1 m
1 dm = 0.1 m
1 cm = 0.01 m
1 mm = 0.001 m

Agar dapat lebih memahami bagaimana cara mengubah satuan panjang dengan tangga satuan, silahkan perhatikan contoh berikut ini.

1. 20 km = ... ?

Dengan melihat tangga konversi satuan, maka dari satuan km ke satuan m terlihat turun 3 tangga.
Pada tangga satuan, jika turun 1 tangga maka dikali 10, sehingga jika turun 3 tangga diperoleh hasil = besaran x 10 x 10 x 10.
Sehingga, untuk merubah 20 km ke m = 20 x 10 x 10 x 10 = 20.000 m.
Jadi, 20 kilometer (km) = 20.000 meter (m).

2. 2000 cm = ...?

Dengan melihat tangga konversi satuan, maka dari satuan cm ke satuan m terlihat naik 2 tangga.
Pada tangga satuan, jika naik 1 tangga maka dibagi 10, sehingga jika turun 2 tangga diperoleh hasil = besaran ÷ 10 ÷ 10.
Sehingga, untuk merubah 2000 cm ke m = 2000 ÷ 10 ÷ 10= 20 m.
Jadi, 2000 centimeter (cm) = 20 meter (m).

3. 45 cm = ...?

Dengan melihat tangga konversi satuan, maka dari satuan cm ke satuan mm terlihat turun 1 tangga.
Pada tangga satuan, jika turun 1 tangga maka dikali 10, sehingga diperoleh hasil = besaran x 10.
Sehingga, untuk merubah 45 cm ke mm = 45 x 10 = 450 mm.
Jadi, 45 centimeter (cm) = 450 milimeter (mm).

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengkonversi satuan panjang dengan tangga konversi satuan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Next Post Previous Post